Jumat, 12 Agustus 2011

Karakteristik Bahasa/free articel/devinisi/pengertian bahasa

( Santrock dalam buku metode pengembangan bahasa Nurbiana Dhani dkk, Jakarta Universitas Terbuka, 2006 : 1. 17 ). Ia berpendapat bahwa meskipun setiap kebudayaan manusia memiliki berbagai variasi dalam bahasa, namun terdapat beberapa karakteristik umum berkenaan dengan fungsi sebagai alat untuk berkomunikasi. Dan adanya daya cipta individu yang kreatif. Bahasa adalah suatu sistim simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sistim aturan bahasa terdiri dari fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan pragmatik. Fonologi adalah studi tentang sistim bunyi – bunyian bahasa. Morfologi adalah rangkaian bunyi – bunyian terkecil yang memberi makna pada apa yang diucapkan dan didengarkan individu. Sintaksis mencakup cara kata – kata dikombinasikan untuk membentuk ungkapan dan kalimat yang dapat di terima. Semantik mengacu pada makna kata dan kalimat. Pragmatik adalah kemampuan untuk melibatkan diri dalam percakapan yang sesuai dengan maksud dengan keinginan.
Bahasa memiliki karakteristik yang menjadikannya sebagai bentuk khas komunikasi. Ada beberapa karakteristik bahasa sebagai berikut :
a.Sistematis artinya Bahasa merupakan suatu cara menggabungkan bunyi – bunyian maupaun tulisan yang bersifat terartur, standar dan konsisten. Setiap bahasa memiliki tipe konsisten yang bersifat khas. Setiap bahasa memiliki sejumlah variasi pola yang konsisten yang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan pola yang tidak konsisten. Bahasa Indonesia juga memiliki jenis pola keteraturan tertentu.
b.Arbitrerr yaitu bahwa bahasa terdiri dari hubungan- hubungan antara berbagai macam suara dan visual, objek maupun gagasan. Setiap bahasa memiliki kata – kata yang berbeda dalam memberi simbol pada angka – angka tertentu. Sebagai contoh kata satu dalam bahasa Indonesia dan kata one dalam bahasa inggris merupakan simbol yang memiliki kesamaan konsep.
c.Fleksibel artinya bahasa dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Kosa kata terus bertambah mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penambahan ribuan kosa kata tersebut terdiri dari berbagai kata baru yang berkenaan dengan istilah teknologi. Berbagai singkatan, maupun bahasa jargon yang cukup banyak digunakan oleh kelompok tertentu.
d.Beragam artinya dalam hal pengucapan, bahasa memiliki berbagai variasi dialek atau cara. Perbedaan dialek terjadi dalam pengucapan kosa kata dan sintaksis. Semula, perbedaan dialek ditentukan oleh daerah geografisnya, namun sekarang ini kelompok sosial yang berbeda dalam suatu masyarakat menggunakan dialek yang berbeda pula.
e.Kompleks yaitu bahwa kemampuan berpikir dan bernalar dipengaruhi oleh kemampuan menggunakan bahasa yang menjelaskan berbagai konsep, ide, maupun hubungan – hunguan yang dapat di manipulasi saat berpikir dan bernalar. ( Pengembangan Kemampuan Berbahsa di Taman Kanak - kanak, 2006 : 1.17 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar